Click Like / Suka Our Facebook. Thank You


Powered by Blog - Widget

Kamis, 02 Mei 2013

Printer Laser Dengan Harga Di Bawah 1 Juta Rupiah



Printer laser kini semakin familiar di masyarakat Indonesia. Jumlah penggunanya terus bertambah tiap tahun seiring pertembuhan ekonomi di Indonesia, baik itu di kalangan dunia usaha, instansi pemerintah, maupun pengguna rumahan. Produsen printer pun terus melakukan inovasi teknologi printer laser untuk menghasilkan produk-produk printer laser yang berkualitas dan membidik masing-masing segmen yang ada di konsumen. Harga printer laser pun semakin terjangkau terutama untuk pengguna printer laser entry level  yang didominasi oleh pengguna printer rumahan, small office, maupun small business.

Di Indonesia, ada beberapa seri printer laser yang dijual cukup terjangkau dengan harga yang mendekati printer tinta atau inkjet di kelas entry level, bahkan dijual dengan harga di bawah satu juta rupiah khususnya untuk printer laser monokrom single function. Meskipun harganya cukup murah, kualitas cetaknya tetap terjaga dan mudah penggunaannya sehingga cukup popular di kalangan pengguna printer laser di berbagai institusi dan menjadi rekomendasi para pengguna printer laser monokrom A4. Printer laser tersebut antara lain :

1.HP LaserJet P1102
Printer ini, merupakan printer laser ukuran terkecil dari HP yang beredar di Indonesia. Dengan membawa nama HP sebagai market leader printer laser di Indonesia, printer ini cukup sukses di pasaran Indonesia. Terdapat dua varian utama yaitu HP LJ P1102 dan P1102W. Perbedaan utama mencoloknya ada pada fitur konektivitas P1100W yang lebih baik dengan fitur nirkabel/ wireless-nya. Meskipun bukan lagi tergolong printer baru, seri ini masih banyak didapati di berbagai pusat penjualan printer laser di tanah air. Dari hasil pengamatan kami, printer ini dijual dengan harga di kisaran Rp 900 ribuan hingga 1 jutaan rupiah.


Kecepatan mencetak printer laser monochrome ini terbilang lumayan, yaitu mencapai 19 ppm (page per minute) dengan mode letter dan 18 ppm dengan media kertas A4. Tempat kertasnya mampu menampung hingga 150 lembar kertas dan kualitas cetaknya juga cukup mumpuni dengan teknologi HP FastRes 600, HP FastRes 1200 resolusi cetaknya mampu mencapai 1200 x 600 dpi . Terdapat fitur HP Smart Install yang dapat memudahkan dalam menginstal printer langsung dari kabel USB dalam waktu sekitar satu menit ketika printer terkoneksi dengan komputer Windows. Jadi tidak memerlukan driver dari cd atau dvd.

Printer ini menggunakan toner cartridge 85A seperti halnya toner cartridge ORIMAX MX-CE285A. Dengan page yields 1.600 halaman, Orimax MX-CE285A merupakan salah satu produk toner cartridge unggulan ORIMAX. Produk ini menjadi salah satu produk best seller dari ratusan seri cartridge Orimax yang tersedia. Produk ini banyak digunakan karena banyaknya user yang menggunakan printer laser mampu didukung oleh cartridge toner 85A ini. Orimax 85A ini diperuntukkan penggunaannya untuk printer laser HP Laserjet P1102, P1102w, M1212nf, dan Canon LBP6000.

2.Brother HL2130
Printer laser Brother HL-2130 hasil cetakannya pun cukup tajam dan bersih dengan resolusi mencapai 1200 x 600 dpi. Printer yang dibandrol di bawah sejuta rupiah ini memiliki kecepatan mencetak mencapai 22 ppm (page per minute).  Printer ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung 250 lembar kertas. Fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (manual duplex) tidak lupa dibenamkan dalam printer laser ini dengan software yang ada. Salah satu perbedaan printer laser Brother dengan printer laser lainnya adalah pada cartridge tonernya dan drum unit yang terpisah letaknya dan dijual nya pun terpisah. Dari hasil survey kami, printer ini dijual dengan harga dikisaran 800 ribuan hingga 900 ribuan rupiah dan cukup sukses di pasaran.


Brother HL-2130 dapat menggunakan jenis toner standar TN-2260 dengan page yields hingga 1200 halaman. Printer ini dapat menggunakan toner cartridge ORIMAX MX-TN2260 dengan page yield standar hingga 1.200 halaman. ORIMAX MX-TN2260 juga dapat digunakan untuk printer laser Brother HL2240, HL2230, HL-2250DN, HL-2270DW, DCP-7060D, DCP-7065DN, MFC-7360, MFC-7470D, MFC-7860DN, MFC-7860DW.

Printer ini cocok digunakan untuk konsumen rumahan atau penggunaan personal karena ukurannnya yang terlihat praktis, dan tidak memakan ruang. Serta cocok bagi mereka yang ingin mencoba menggunakan printer laser. Printer ini juga cocok digunakan oleh small office maupun UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan yang hanya membutuhkan warna hitam dan putih.

3.Fuji Xerox DocuPrint P205b
Fuji Xerox Docu Print P205b merupakan salah satu dari jajaran printer laser monochrome terkecil yang beredar di Indonesia. Dengan berat 4,6 kg dan dimensi fisik dimensi 358 x 197 x 208 mm, printer ini termasuk printer yang ringan di kelas printer laser monokrom. Printer ini membutuhkan warm up sekitar 25 detik ketika dinyalakan. Resolusi cetak Xerox P205b ini yaitu 1200 x 1200 dpi. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 24 ppm. Dari hasil pengamatan kami, printer ini dijual dikisaran harga 700 ribuan hingga 900 ribuan rupiah.


Bentuknya yang compact dan kecil merupakan salah satu hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Emite Diode) yang dikembangkan Xerox. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak. Printer ini cocok digunakan untuk konsumen rumahan karena ukurannnya yang terlihat mungil, praktis, dan tidak memakan ruang. Serta bagi mereka yang ingin mencoba menggunakan printer laser. Printer Fuji Xerox P205b juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Printer ini pun memiliki varian warna body printer yang menarik, bahkan ada yang berwarna pink. Printer Xerox DocuPrint p205b dapat menggunakan toner cartridge ORIMAX MX-201610 dengan page yield 2.200. Toner cartridge ORIMAX mampu mendukung penuh kinerja printer Xerox tersebut dan aman digunakan bagi printer laser. ORIMAX MX-201610  juga dapat digunakan untuk printer Fuji Xerox DocuPrint P105B,  M105B, dan P205B.

4.Epson AcuLaser M 1400
Epson AcuLaser M 1400 merupakan printer laser mono Epson terkecil yang beredar saat ini diantara sekian banyak printer Epson yang beredar di Indonesia. Printer ini sudah menggunakan teknologi LED dalam proses cetaknya. Dengan desain yang simple dan compact, printer ini mampu mencetak dokumen dengan kecepatan mencapai 24 ppm (page per minute) dengan menggunakan kertas mode letter. Printer dengan berat 4,7 kg ini memiliki dimensi fisik 358 x 197 x 208 mm. Printer ini dijual di kisaran harga 700 ribuan hingga 900 ribuan rupiah.


Tempat kertas printer ini mampu menampung kertas hingga 150 lembar. Epson tidak lupa untuk menyematkan fitur manual duplex pada printer ini. Kualitas cetaknya pun cukup mumpuni dengan resolusi cetak mencapai 1200 x 1200 dpi. Printer ini cocok digunakan bagi user yang membutuhkan printer dokumen yang berkecepatan tinggi dan tidak memakan banyak tempat. Memori internalnya sebesar 64 mb, cukup besar untuk ukuran printer laser mono berukuran kecil di kelasnya. Printer laser monochrome ini menggunakan cartridge toner yang mampu mencapai 2200 halaman dengan cartridge high capacity dan 1000 halaman dengan cartridge toner standar.

5.Canon LBP 6000
Sebenarnya, printer ini rata-rata dijual dengan harga satu juta hinga 1,3 jutaan rupiah. Namun, dari hasil pengamatan kami, ada seller yang menjual printer ini dengan harga promo atau diskon yang membuat printer ini dijual dengan harga 999 ribu rupiah untuk periode tertentu dengan syarat tertentu pula. Kemungkinan besar dilakukan hanya untuk menghabiskan stock. Canon Laser Shot LBP 6000 merupakan salah printer laser terkecil di jajaran printer laser Canon yang beredar di Indonesia. Dengan dimensi 359 x 249 x 198 mm, printer ini memiliki berat sekitar 5 kg. Canon LBP6000 hadir dengan desain yang simple, compact dan kecil, sehingga memungkinkan untuk digunakan pada ruang kerja yang terbatas. Printer laser monokrom ini tersedia dalam dua varian warna yaitu hitam dan putih. Printer laser ini menggunakan cartridge 325 dengan page yields standar 1600 halaman atau sama dengan cartridge 85A yang digunakan pada HP LJ P1102.


Warming up printer ini ketika dinyalakan cukup cepat. Printer ini hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk proses warming up, dan membutuhkan 7,8 detik untuk melakukan pencetakan pertama. Meskipun varian printer laser Canon di Indonesia tidak sebanyak printer inkjet nya, printer laser ini memiliki kualitas yang tergolong mumpuni, dengan resolusi cetak yang mampu mencapai 1200 x 600 dpi . Canon LBP6000 menanamkan fitur Driver CAPT 3.0 yang dapat mengambil alih proses konversi data pencetakan dari printer ke komputer, sehingga kinerja printer menjadi lebih cepat. Penghematan efisiensi energi hadir dengan teknologi Canon Fixing On-demand dimana hanya membutuhkan daya sebesar 1.6W pada modus siaga dan sebesar 1.3W dalam mode sleep. Canon LBP6000 tidak memerlukan memori tambahan karena proses pencetakan dilakukan sepenuhnya oleh CAPT.

Printer ini menggunakan jenis toner cartridge 85A untuk kebutuhan consumable toner cartridgenya seperti halnya toner cartridge ORIMAX MX-CE285A. Dengan page yields 1.600 halaman, Orimax MX-CE285A merupakan salah satu produk toner cartridge unggulan ORIMAX. Produk ini menjadi salah satu produk best seller dari ratusan seri cartridge Orimax yang tersedia. Produk ini banyak digunakan karena banyaknya user yang menggunakan printer laser mampu didukung oleh cartridge toner 85A ini termasuk Canon LBP 6000.

Toner Cartridge Dari ORIMAX Untuk Printer Laser Anda

Kecepatan cetak masing-masing printer ini tergantung pada isi dokumen yang dicetak, jenis kertas yang digunakan, dan settingan pada masing-masing printer. Printer-printer di atas memang bukan printer seri baru, bahkan cenderung sudah cukup lama beredar di pasaran namun masih cukup mudah didapatkan di pasaran printer di Indonesia. Kemungkinan besar karena tingkat penjualannya yang masih cukup baik dan harganya yang sangat terjangkau dan karena seri printer penggantinya yang baru dengan range harga yang sama pun belum beredar di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari printer laser murah namun kualitas dan kecepatan cetaknya tetap terjaga.

3 komentar:

ahmad haris mengatakan...

printer2 tsb bisa untuk cetak poto warna ga? Dan kwalitas warnanya bagus ga?

tokotasrajutjogja mengatakan...

lebih awet/bandel mana sih antara inkjet dengan laserjet? mohon pencerahannya :)

Deby Ayu mengatakan...

Menurut saya hasilnya lebih bagus pake laser ya....